header-int

PELATIHAN PRESEPTOR MENTOR

Senin, 11 Sep 2023, 14:01:38 WIB - 615 View
Share
PELATIHAN PRESEPTOR MENTOR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Poltekkes ‘Aisyiyah Banten – Program Studi Kebidanan dan Profesi Bidan melaksanakan Pelatihan Preseptor Mentor bekerjasama dengan AIPKEMA guna meningkatkan kualitas serta kemampuan pembimbing praktek lapangan bagi mahasiswa kebidanan dan profesi bidan. Kegiatan Pelatihan Preseptor Mentor dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) selama 5 hari yakni pada 23 – 27 Shafar 1445 H / 8 – 12 September 2023 M.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes ‘Aisyiyah Banten Ir. Hj. Sri Mulyati, MM melalui ZOOM Meeting. Dalam sambutannya Direktur Poltekkes ‘Aisyiyah Banten mengaharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan ilmu, pengalaman serta manfaat yang dapat diimplementasikan dilapangan sehingga pembelajaran di wahana praktik bagi mahasiswa lebih bermutu.

Pelatihan Preseptor Mentor ini diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari CI Wahana Praktik area Banten, Dosen dari Institusi lain serta Dosen Poltekkes ‘Aisyiyah Banten. Dalam pelaksanaanya Poltekkes ‘Aisyiyah Banten dan AIPKEMA menghadirkan 6 narasumber yakni : Dr. Mufdlilah, S.Pd., S.SiT., M.Sc, Dr. Dewi Rokhanawati, S.SiT., MPH, Yekti Satriyandari, SST., M.Kes, dr. Tridjoko Hadiyanto, DTM&H., M.Kes, dr. Yoyo Suhoyo, M.MedEd., PhD, Fitria Siswi Utami, S.SiT., MNS. Para peserta mendapatkan berbagai macam materi dari narasumber selama 3 hari; Evaluasi pembelajaran Klinik (DOPS dan OSCE), Konsep Refleksi Kasus, Reading Journal, Evaluasi Pembelajaran Klinik (OSLER dan Mini Cex), Bedsite Teaching, One Minute Preceptor, Case Study dan Case Report, Tutorial Klinik, Case Based Discussion, OSCE. Semua materi yang diberikan diharapkan dapat membantu baik bagi pembimbing pendidikan maupun pembimbing lahan

dalam proses bimbingan mahasiswa di wahana praktik.