header-int

RMIK

Posted by : Administrator
Share

Tentang Kuliah Jurusan Rekam Medis & Informasi Kesehatan

Jurusan kuliah rekam medis mungkin jarang terdengar. Jurusan rekam medis tidak seterkenal jurusan kuliah kesehatan lainnya seperti perawat, bidan, apoteker, analis laborat maupun radiografer.

 

Profesi yang bekerja berkaitan dengan rekam medis atau lulusan kuliah jurusan rekam medis disebut perekam medis. Profesi ini bekerja mengurusi kegiatan yang berhubungan dengan rekaman catatan pelayanan kepada pasien dalam sebuah organisasi pelayanan kesehatan. Seperi contohnya pendaftaran pasien, penyiapan dokumen rekam medis pasien, manajemen dokumen rekam medis, koding diagnosis dan tindakan, pelaporan informasi kesehatan dan masih banyak lagi.

 

Kompetensi perekam medis dan informasi kesehatan sebagaimana dirumuskan dalam peraturan menteri kesehatan Nomor 377 tahun 2007 tentang Kompetensi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah sebagai berikut :

 

KLASIFIKASI DAN KODEFIKASI PENYAKIT, MASALAH-MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN DAN TINDAKAN MEDIS

Perekam medis mampu menetapkan kode penyakit dan tindakan dengan tepat sesuai klasifikasi internasional tentang penyakit dan tindakan medis dalam pelayanan dan manajemen kesehatan.

 

ASPEK HUKUM DAN ETIKA PROFESI

Perekam medis mampu melakukan tugas dalam memberikan pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang bermutu tinggi dengan memperhatikan perundangan dan etika profesi yang berlaku.

MANAJEMEN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Perekam medis mampu mengelola rekam medis dan informasi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis, administrasi dan kebutuhan informasi kesehatan sebagai bahan pengambilan keputusan dibidang kesehatan.

 

MENJAGA MUTU REKAM MEDIS

Perekam medis mampu mengelola, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menilai mutu rekam medis.

 

STATISTIK KESEHATAN

Perekam medis mampu menggunakan statistik kesehatan untuk menghasilkan informasi dan perkiraan yang bermutu tinggi sebagai dasar perncanaan dan pengambilan keputusan di bidang pelayanan kesehatan.

 

MANAJEMEN UNIT KERJA REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

Perekam medis mampu mengelola sumber daya yang tersedia di unit kerja rekam medis untuk dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi kesehatan.

 

KEMITRAAN PROFESI

Perekam medis mampu berkolaborasi inter dan intra profesi yang terkait dalam pelayanan kesehatan.

 

Tempat kerja perekam medis bisa di rumah sakit, puskesmas, klinik, dinas kesehatan dan pelayanan kesehatan lainnya. 

 

Bagaimana peluang bekerja sebagai perekam medis?

Profesi perekam medis banyak dicari semenjak adanya program Jamkesmas pada tahun 2009. Program Jamkesmas ini untuk pengeklaimannya menggunakan aplikasi INADRG yang selanjutnya berubah menjadi INACBG, yang besaran klaimnya ditentukan dari kode diagnosis dan tindakan dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien. Kegiatan pengkodean diagnosis dan tindakan ini sering diistilahkan koding dan pelaksananya disebut koder. Koding ini merupakan salah satu kompetensi rekam medis yang telah disebutkan diatas.

 

Pada tahun 2014 Jamkesmas berakhir dan diintegrasikan menjadi BPJS Kesehatan dengan programnya yang bernama Jaminan Kesehatan Nasional yang kemudian berubah menjadi Kartu Indonesia Sehat. Klaim pelayanan BPJS Kesehatan ini menggunakan INACBG, sehingga seorang koder klaim sangat dibutuhkan dalam terlaksananya kegiatan klaim pelayanan BPJS Kesehatan ini.

sumber : www.hakayuci,com

Unidha Politeknik Kesehatan Aisyiyah Banten adalah perubahan bentuk dari Akademi Kebidanan Aisyiyah Banten l Alamat : Jl. Raya Cilegon KM 8 Pejaten Kec. Kramatwatu Kab Serang l Email : info@poltekkes-aisyiyahbanten.ac.id l Tlp :0254 233309
© 2019 Politeknik Kesehatan 'Aisyiyah Banten Follow Politeknik Kesehatan 'Aisyiyah Banten : Facebook Twitter Youtube